LINGKUNGAN PEMASARAN
A. LINGKUNGAN PEMASARAN
1.
Lingkungan
Mikro
Yaitu
berbagai kekuatan yg dekat dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya
untuk melayani pelanggan, terdiri dari :
a.
Perusahaan
Dalam
merumuskan rencana pemasaran harus memperhitungkan kelompok-kelompok lainnya
dalam perusahaan misalnya; Manajemen Puncak, Keuangan, R & D,
Pembelian, Produksi dan Akuntansi, dll.
Bagian-bagian
ini membentuk suatu lingkungan mikro suatu perusahaan untuk perencana
pemasaran.
b.
Pemasok
Adalah
perusahaan bisnis dan perorangan yg menyediakan sumberdaya yg dibutuhkan oleh
perusahaan dan pesaingnya untuk memproduksi barang dan jasa tertentu.
c.
Perantara
Perantara
Pemasaran adalah mereka yg membantu perusahaan dalam mempromosikan, menjual,
dan mendistribusikan barang kepada pembeli akhir. Para perantara ini meliputi :
-
Middleman, perusahaan yg membantu mdpt pelanggan
-
Perusahaan Distribusi Fisik, membantu perusahaan dlm menyediakan &
memindahkan barang dari tempat asal ke tempat tujuan.
-
Biro Jasa Pemasaran, meliputi perusahaan riset, biro iklan, perusahaan media,
dan perusahaan konsultan pemasaran, mencarikan sasaran dan menpromosikan produk
ke pasar sasaran secara tepat.
-
Perantara Keuangan, meliputi bank, perusahaan kredit, perusahaan asuransi, dll
dalam membantu transaksi keuangan dan atau menanggung resiko sehubungan dengan
pembelian dan penjualan barang.
d.
Pelanggan
Yaitu
sejumlah individu, kelompok, organisasi yang menkonsumsi suatu produk.
Perusahaan
dapat beroperasi pada lima jenis pasar;
-
pasar konsumen,
-
pasar industri,
-
pasar reseller,
-
pasar pemerintah,
-
pasar internasional.
e.
Pesaing
Yaitu
individu, kelompok, organisasi yang sama-sama melakukan pemasaran
kepada konsumen.
f.
Masyarakat
(publik)
Yaitu suatu
kelompok yg memiliki minat nyata atau potensial yg berpengaruh terhadap
kemampuan organisasi untuk mencapai sasarannya.
Tujuh jenis
publik yg mengelilingi perusahaan antara lain :
-
publik keuangan
-
publik media
-
publik pemerintah
-
publik kekuatan warga
-
publik local
-
publik umum
-
publik internal
2.
LINGKUNGAN
MAKRO
Yaitu
kekuatan masyarakat yg lebih luas yg mempengaruhi seluruh lingkungan mikro
pemasaran perusahaan yang mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap pemasaran.
Lingkungan
makro terdiri dari :
a.
Demografi
Adalah
bidang studi tentang populasi manusia menurut besar, kepadatan, lokasi, umur,
jenis kelamin, pekerjaan, dan statistik lainnya.
b.
Geografi
Yaitu
lingkungan yang dibedakan berdasarkan letak wilayah.
c.
Ekonomi
Yaitu
factor-faktor yang mepengaruhi daya beli dan pola pembelanjaan konsumen. Daya
beli total tergantung pada pendapatan, harga, tabungan, dan kredit pada waktu
yang bersangkutan.
Pemasar
harus mengetahui kecenderungan utama dalam pendapatan, dan harus selalu sadar
akan adanya pola pembelanjaan konsumrn yang terus berubah.
d.
Lingkungan
Teknologi
Yaitu
terdiri dari kekuatan-kekuatan yg mempengaruhi teknologi baru, yang menciptakan
produk baru dan peluang-peluang pasar yang baru. Pemasar harus memperhatikan
kecenderungan-kecenderungan teknologi berikutnya, antara lain :
-
cepatnya laju perubahan teknologi
-
peluang-peluang yang tak terbatas
-
tingginya anggaran litbang
-
meningkatnya peraturan
-
dll
e.
Politik
Lingkungan
ini terdiri dari undang-undang, instansi pemerintah, dan kelompok penekan yg
mempengaruhi dan membatasi organisasi dan pribadi dalam masyarakat.
Kecenderungan
politik utama yg mempengaruhi manajemen pemasaran adalah :
-
undang-undang yg mengatur perusahaan
-
perubahan pelaksaan undang-undang
pertumbuhan
kelompok pembela kepentingan publik
f.
Lingkungan
Budaya
Lingkungan
budaya (cultural) terdiri dari lembaga-lembaga dan kekuatan lain yg
mempengaruhi nilai dasar, persepsi, preferensi, dan perilaku masyarakat.
B. MENGHADAPI
LINGKUNGAN PEMASARAN
1. Sebagai
lingkungan yg tidak bisa dikendalikan, perusahaan harus menyesuaikan diri,
misalnya :
-
lingkungan geografi,
-
dan lingkungan demografi
2. Sebagai
lingkungan yg bisa dikendalikan, sehingga perusahaan mengambil langkah agresif
untuk mempengaruhi lingkungan, misalnya :
-
konsumen,
-
dan pemasok
http://ilmunya-mm2012.blogspot.co.id/2013/05/lingkungan-pemasaran-makro-dan-mikro.html#
Komentar
Posting Komentar